Penasaran Seperti Apa Masjid Jami Pontianak? Yuk Cek Di Sini

Sewa Mobil Pontianak – Jika anda ingin tahu sejarah dari Kota Pontianak, pastinya anda harus mengetahui Masjid Jami Pontianak ini karena hari dimulainya sejarah Pontianak adalah dari Masjid Jami ini. Di sekitar Keraton, terdapar Masjid yang megah hingga saat ini yang dibangun pertama kali oleh Sultan pertama sekaligus pendiri Kesultanan Pontianak.

Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie membangun Masjid ini, dan hingga saat ini hari lahir masjid menjadi hari lahir Kota Pontianak juga. Masjid jami tua ini sekarang lebih dikenal dengan nama Masjid Sultan Abdurrahman – Pontianak, jadi anda yang penasaran dengan masjid pertama di Pontianak ini bisa mengunjunginya secara langsung.

Sejarah Masjid Jami Pontianak

Menurut sejarah, pernah terjadi perselisihan antara Sultan dengan al-Habib Husein yang akhirnya membuat al-Habib Husein pergi meninggalkan kerajaan Matan. Ia pindah ke Kerajaan menpawah dan bermukim di sana hingga beliau meninggal dunia.

Setelah al-Habib Husein meninggal, posisinya digantikan oleh anaknya yaitu Syarif Abdurrahman, dan pada tahun 1771 M, Syarif Abdurrahman memutuskan untuk pergi dari Menpawah dengan tujuan menyebarkan islam. Konon sebelum Habib Husein Alkadri bertolak dari Hadramaut, gurunya berpesan untuk mencari pemukiman yang ada di sekitar sungai yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Bahkan ketika beliau diangkat menjadi hakim agama kerajaan Matan dan Mempawah, beliau meminta pada kedua sultan tersebut untuk dibuatkan pemukiman seperti yang telah diwasiatkan oleh guru nya tersebut.
Masjid Jami Pontianak Sultan Abdurrahman tersebut ada di dekat pusat Kota Pontianak, jadi bisa dijangkau melalui jalur Sungai maupun jalur darat dengan mudah. Pengunjung bisa mengakses jalan menggunakan sampan dari pelabuhan Senghie, sedangkan yang menggunakan jalur darat bisa melewati jembatan sungai Kapuas dengan naik bus.

Di sekitar Sultan Abdurrahman terdapat pramuwisata, pendopo untuk beristirahat hingga toilet sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Anda juga bisa menemukan restoran terapung di sana, bahkan ada jasa sewa sampan dan speedboat bagi anda yang ingin berkeliling di sekitar masjid Jami.

Masjid yang satu ini memiliki mimbar yang unik, mirip seperti geladak kapal, bahkan hampir semua konstruksi bangunan masjid ini tersebut dari kayu belian (Eusideroxylon zwageri). Pada tingkat dua, terdapat jendela kaca yang berukuran kecil sebagai ventilasi serta agar desain nya lebih bagus.

Anda yang ingin pergi ke Kalimantan Barat wajib mengunjungi Masjid Jami Pontianak yang satu ini karena ada banyak sejarah dan keindahan yang bisa anda dapatkan di sini, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *